Wow, Kotak Suara Pemilu 2019 Diganti Kotak Karton

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menunjukkan kotak suara Pemilu 2019 di kantornya, Jakarta, Kamis (16/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Republikin.com ~ Dirangkum dari detik.com dan kompas.com, Komisi Pemilihan Umum sudah menentukan jenis kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019. Ketua KPU Arief Budiman menyebut keputusan ini diambil dalam rapat pleno.

"Rapat pleno sudah memutuskan, (jenisnya) karton kedap air," ujar Arief di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).

Menurut Arief, keputusan ini masih dalam tindak lanjut tim Sekretariat KPU. Pembahasan produksi jumlah kotak suara masih dilakukan.

"Selanjutnya tim Sekretariat akan menindaklanjuti, menghitung lebih detail atas putusan pleno. Kebutuhannya berapa, kapan mulai produksi, dan segala macam. Sekarang sedang disiapkan sekretariat terkait data itu," ujar Arief.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, harga kotak suara berbahan dasar karton sekitar Rp 100.000.

"Itu baru harga produksinya ya. Belum ongkos distribusinya," kata Arief di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Menurut Arief, kotak suara dari karton, harganya lebih murah akan tetapi, kotak suara dari karton ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai, atau maksimal dua kali pakai. Pada saat didistribusikan, kotak suara dari karton juga lebih rentan kondisi cuaca.

Arief mengatakan kotak suara berbahan karton kedap air ini dengan satu sisi transparan ini juga kuat bila diberi beban.
ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : detik.com dan kompas.com