Video: Buruh Gratis Naik Transjakarta, Dapat Subsidi Pangan, Dan Gaji Naik pada 2018


Republikin.com ~ Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan memberikan layanan gratis naik Transjakarta bagi buruh yang bekerja di Jakarta mulai Januari 2018. Kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari penetapan UMP 2018 sebesar Rp 3.648.035.

"Kami akan memberikan pelayanan transportasi angkutan jalan yang lebih berkeadilan dengan memberikan kartu gratis transjakarta bagi pekerja dengan angka gaji UMP, ini akan berlaku mulai 1 Januari," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2017).

Di kesempatan itu, Dirut Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan layanan gratis Transjakarta akan diterapkan melalui kartu. Ia mengaku memiliki waktu dua bulan untuk menyiapkan kartu tersebut.

"Nanti kita akan terbitkan kartu yang dapat digunakan untuk naik Transjakarta gratis. Kita masih punya waktu dua bulan untuk menyiapkan ini semua," katanya.

Kartu tersebut nantinya, selain untuk mendapatkan layanan gratis, juga untuk mendapatkan subsidi bahan pokok. Para buruh bisa berbelanja di Jakgrosir yang menjual harga kebutuhan pokok lebih murah sekitar 10-15 persen dari harga pasar.

"Kalau ini nanti kita akan joining satu kartu seperti yang Transjakarta itu sampaikan. Itu jadi satu kartu. Nggak gratis tapi mereka belanjanya dengan harga yang memang sangat murah," sambut Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin.

Transjakarta dan PD Pasar Jaya nantinya akan menggandeng bank-bank yang digunakan sebagai sistem payroll para buruh. Selain itu, juga akan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan buruh untuk mendata para buruh dengan gaji UMP.

"Kami nanti akan kerjasama dengan bank-bank yang digunakan sebagai sistem payroll mereka," tambah Budi Kaliwono.

Semua layanan itu diperuntukan bagi buruh yang memiliki gaji sebesar UMP DKI Jakarta 2018, berdomisili di Jakarta, dan bekerja di Jakarta.

berikut ini videonya:


ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : detik.com