UMP Plus Anies-Sandi Malah Melebihi Tuntutan Buruh Sekaligus Selamatkan Usaha Kecil dari Gulung Tikar


Republikin.com ~ Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035 plus layanan gratis naik Transjakarta, subsidi bahan pokok bagi buruh yang bekerja di ibukota, plus KJP bagi anak-anak buruh, mendapat respon positif dari publik.

UMP Versi Anies-Sandi Menyelamatkan Pengusaha Kecil

"Walau baru dua pekan menjabat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno sudah memberikan terobosan bsgus terkait UMP dan program pro buruh," kata Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur, Adi Kurnia Setiadi melalui pesan elektroniknya, Jumat (3/11).

Adi berpendapat kenaikan UMP itu sekaligus mendukung pengusaha kelas menengah bawah agar tak gulung tikar. Kalau kenaikan UMP yang terlalu tinggi bisa merepotkan pengusaha menengah bawah.

"Saya mendukung adanya kenaikan itu, karena tuntutan gaji UMP yang standar bisa terpenuhi. Namun, harus tetap diperhatikan pula perusahaan menengah ke bawah," tandasnya.

UMP Versi Anies-Sandi Sudah Melebihi Tuntutan Buruh

Aktivis Tionghoa Zeng Wei Jian, membenarkan bahwa perhitungan UMP plus plus Anies-Sandi sejatinya telah melebihi tuntutan buruh sebelumnya yang menuntut UMP 3.900.000.

"Anies-Sandi sudah memenuhi janji tersebut. Mereka naikan UMP jadi Rp. 3.648.035. Jauh di atas UMP Jawa Barat. Plus gratis naik bus transjakarta (ongkos x 30 hari), disc 15% belanja bahan pokok, dan KJP Plus. Totalnya, buruh dapet 4.038.035 rupiah.Angka ini jelas lebih tinggi dari UMP yang ditetapkan lewat mekanisme PP 78 tahun 2015." ujar Zeng Wei Jian di halaman facebooknya (7/11).

Diberitakan sebelumnya, Anies berharap serikat pekerja dapat menerima keputusan UMP ini. Anies mengatakan tidak bisa mengikuti tuntutan buruh sebesar Rp3,9 karena pertimbangan kondisi perekonomian yang sedang lesu.

Namun Sandi punya jalan lain yang memenangkan semua pihak baik buruh maupun pengusaha kecil, yaitu dengan penetapan UMP Rp 3.648.035 plus menurunkan beban hidup Buruh dengan berbagai layanan plus-plusnya.

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com