Mantan Menteri ini Sebut Pergub Jokowi Jadi Dasar Izin Reklamasi, Tak Ada Pergub, Pasti Izin Tidak Akan Ada

Presiden Joko Widodo dan Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said

Republikin.com ~ Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, apa pun jenis izin atau peraturan gubernur yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat dirinya menjadi gubernur DKI soal reklamasi sama saja memberikan kontribusi (izin/restu) terhadap pelaksanaan reklamasi di Teluk Jakarta.

"Izin keluar, pasti dasarnya kan ada. Kalau Pergub tidak ada, pasti izin tidak akan ada. Dan itu kan soal periode yang memberikan izin siapa," kata Sudirman Said di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2017).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan tidak pernah menerbitkan izin reklamasi saat ia menjabat gubernur DKI. Kata Jokowi, yang diterbitkan saat itu adalah pergub sebagai petunjuk pelaksanaan teknis (juknis) dari reklamasi yang izinnya sudah terbit sebelum ia memimpin Ibu Kota.

Sementara menurut Sudirman, pemberian izin apapun terkait reklamasi pasti terdapat pelanggaran. Pasalnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari periode 2003 hingga 2013 sudah menerbitkan keputusan tidak layak lingkungan untuk proyek reklamasi.

Sudirman menjelaskan izin atau aturan terkait reklamasi yang diterbitkan Pemprov DKI juga tak memenuhi syarat. Pertama, tidak ada aturan zonasi, kedua, tidak ada izin lingkungan hidup strategis dan ketiga, tidak ada izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Ketiganya ini disyaratkan oleh undang-undang. Jadi, itulah keadaannya," tuturnya.

Sehingga, lanjut Sudirman, saat seseorang telah menjadi gubernur, harus melihat tiga syarat tersebut bila tak ingin dianggap telah melakukan pelanggaran.

"Seharusnya ketika memberikan izin di tingkat gubernur, harus memperhatikan aturan itu," tukasnya.

Andai Jokowi tidak menandatangani Pergub tersebut, tentu reklamasi tidak bisa dilanjut, karena terbentur izin lingkungan hidup dll, Pergub Jokowi lah yang membuat reklamasi berjalan lancar.

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : tirto.id