Komisaris Lippo, Sutiyoso, Ngebet Masuk Tim Anies & Minta Reklamasi Tidak Disetop


Republikin.com ~ Letnan Jenderal Purnawirawan Sutiyoso, bekas Gubernur DKI Jakarta, mengatakan keinginannya bergabung dalam forum mantan gubernur yang pernah digagas Anies-Sandi saat kampanye pemilihan kepala daerah 2017.

"Saya (juga) mengangkat Ali Sadikin sebagai penasihat saya (waktu menjabat Gubernur DKI), Tentu saya akan datang kalau diperlukan." kata Sutiyoso di Balai Kota DKI pada Selasa, (21/11) seperti diberitakan Tempo.

Anies-Sandi Menerima Sutiyoso Menjadi Tim Penasihat, Kenapa?

Seperti diberitakan di berbagai media, Sutiyoso kini resmi jadi penasihat Anies-Sandi. Kenapa Anies-Sandi memilih Sutiyoso?

Dibandingkan dengan para mantan gubernur lain, Sutiyoso yang paling bisa menjadi kandidat bagi Anies-Sandi untuk dimintai masukan. Karena Sutiyoso satu-satunya eks Gubernur Jakarta yang bisa bebas jalan-jalan.

Mantan Gubernur Soerjadi Soedirdja tidak mungkin aktif ke mana-mana karena kondisi kesehatan yang menurun. Sedangkan gubernur setelah Sutiyoso, Fauzi Bowo alias Foke, kini menjabat Duta Besar RI untuk Jerman.

Adapun Joko Widodo alias Jokowi kini menjabat Presiden RI. Apalagi Ahok, tahu sendiri Ahok sedang ada di mana. Maka Sutiyoso lah satu-satunya calon bagi Anies-Sandi untuk mewujudkan janji kampanyenya yaitu membentuk forum mantan gubernur.

Usai Jadi Penasihat, Sutiyoso Minta Anies-Sandi Berpikir Ulang Setop Reklamasi

Salah satu masukan yang diberikan Bang Yos, sapaan karib Sutiyoso, berkaitan dengan reklamasi. Sutiyoso mengaku memberi masukan kepada Anies-Sandi terkait kebijakan reklamasi.

“Intinya saya ingin memberikan win-win solution, kan ada investasi itu besar yang libatkan investor, kalau saklek dihentikan akan menimbulkan iklim investasi yang tidak baik di Indonesia,” kata Sutiyoso, Selasa (21/11).

Sutiyoso tidak menjelaskan secara detail win-win solution yang dia maksud. Dia hanya mengisyaratkan agar Anies-Sandi mempertimbangkan kembali kebijakan mereka untuk menyetop reklamasi.

Sutiyoso Komisaris Lippo Group Pengembang Reklamasi

Mungkin banyak yang belum mengetahui posisi Sutiyoso sebagai komisaris di Lippo Group, salah satu yang berperan dalam pengembangan proyek reklamasi (aktual.com). Bahkan unit usaha Lippo (PT Artha Pratama Anugerah) tersandung kasus suap proyek reklamasi (cnnindonesia.com / gatra.com).

Penetapan Sutiyoso sebagai komisaris Lippo diputuskan saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) tahun 2013 atau 6 tahun sejak Sutiyoso berhenti menjabat sebagai Gubernur DKI.

Sumber: https://www.lippokarawaci.co.id/leadership-team

Namun terkait masukannya kepada Anies-Sandi perihal reklamasi tersebut, Sutiyoso tidak terlalu mempermasalahkan apakah akan diterima atau tidak.

“Ya Anies dan Sandi juga punya kepentingan, dia perlu menyelamatkan nelayan dan lingkungan. Pokoknya saya tadi sudah berikan masukan,” kata dia usai memberikan masukan pada Anies-Sandi seperti diberitakan oleh cnnindonesia.com.

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com, kompas.com, tempo.co, cnnindonesia.com