Kocak, Pendiri SMRC Penyebar Hoax Anies, 'Bohongi' Bea Cukai, Netizen: Hobinya Putar Balik Fakta!


Republikin.com ~ Publik pasti belum lupa ketika Saiful Mujani, pendiri SMRC, mengunggah dokumen hoax yang menyebutkan bahwa Anies-Sandi menandatangani dokumen perjanjian akan menjadikan Jakarta sebagai kota syariah.

Sebagai pemilik perusahaan polling yang dikontrak oleh Ahok, Saiful mestinya membantu Ahok melalui keilmuannya. Saiful menghancurkan kredibilitas intelektualnya dengan meluncurkan hoax Anies-Sandi tersebut.

Di tahapan kedua Pilkada DKI SMRC juga merilis hasil survei bahwa "Anies hanya unggul kurang dari 1 persen". Pada kenyataannya Anies unggul landslide, hampir 20 persen.

Bagi pollster profesional (praktisi survey/polling) selisih sebesar itu sangatlah aib, dan tidak mungkin terjadi bila survei dilakukan dengan menggunakan prosedur ilmiah. Hasil itu hanya bisa terjadi bila prinsip-prinsip ilmiah telah dibuang, dan pollster bekerja menurut standar politik belaka.

Begitulah rekam jejak Saiful Mujani, pendiri SMRC, lembaga Polling pendukung Ahok. Dan tidak berakhir di sini, kabar bobroknya moral Saiful Mujani datang dari Bea Cukai.

Saiful Mujani men-import dompet dari luar negeri, agar tidak terkena pajak, dompet tersebut diselundupkan dalam 1 paket bersama Buku. Seperti diketahui buku ilmu pengetahuan oleh Bea Cukai tidak dikenai Bea Masuk, alias bebas BM dan PDRI.

Namun apes bagi Saiful, alih-alih dapat dompet import bebas pajak, paket Saiful justru kena random check dari bea cukai. Alhasil dompet selundupan tersebut terciduk oleh aparat, dan Saiful harus rela membayar mahal.

"Dikirimin buku dari luar. Harganya 30 dollar (sekitar rp 400 ribu). Tpi ngurus di bea cukai habis lebih dari 1 juta. Ini buku lu. Sinting!" tulis Saiful di akun @saiful_mujani (2/11)

Twit ini kemudian dibalas oleh Bea Cukai. "Berdasarkan penelitian pd sistem BC, paket tsb terdiri dr buku & 1 pcs dompet kulit dlm keadaan baru (2 item dlm 1 paket) (2/5)" balas akun terverifikasi @bravobeacukai

Blunder bagi Saiful Mujani pendiri lembaga survey SMRC, niatnya komplain malah terciduk. Netizen pun ramai-ramai membalas postingan Saiful pendukung Ahoker dan Jokowi ini.

"Hmm...sudah teriak sinting..nyatanya....gimana survey bisa akurat ni kalo kesimpulannya sesat" @_djauhary

"Surveyor cebong emang terbiasa memutarbalikkan fakta, dompet kulitnya ga di tweet 😂" @alibtanis

"Harusnya anda lebih jujur, selain buku kan ada dompet kulit. Bgm kami mau percaya hasil penelitian anda kl anda sj tdk terbuka & jujur?" @tatoogar6789

"bro, Dompet kulit nya knapa beli di luar negeri? Bukannya dlu lu prnah ngomong, cintai produk indonesia?" @sang_holicuers

Berikut unggahan asli dari Saiful Mujani yang hingga kini masih bisa diakses netizen:



ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com dan rmol.co