Kemenag Tak Sudi Gunakan Kata Khilafah di Buku sekolah, Kata Khilafah Direvisi Hingga Lenyap Tak Berbekas


Republikin.com ~ Dirangkum dari kemenag.go.id dan radarpekalongan.co.id, beredar dokumen buku Fikih Kelas XII terbitan Kemenag 2016 yang picu kehebohan. Sebab dalam dokumen buku yang bisa diunduh di dunia maya ini, Bab I berjudul Khilafah. Kehobahan muncul karena diklaim bahwa guru agama di madrasah se-Indonesia mengajarkan khilafah ke siswa.

Melihat lebih detail buku yang beredar di publik itu, urusan khilafah dibahas secara detail. Mulai dari pengertian, tujuan, dasar-dasar penerapan, sampai hukum membentuk khilafah. Diterangkan bahwa pendapat yang diikuti mayoritas umat Islam (mu’tabar), hukum mendirikan khilafah adalah fardu kifayah.

Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Kamaruddin Amin sudah menerima laporan beredarnya dokumen lunah (soft copy) buku Fikih untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah itu. Secara fisik desain buku itu mirip dengan buku yang beredar dan digunakan siswa madrasah saat ini.

Ternyata Kamaruddin mengatakan buku yang beredar luar di dunia maya dan memicu polemik itu memang buku Kemenag. ”Tetapi tidak digunakan. Sudah keluar edisi revisi,” katanya di Jakarta kemarin (10/11). Dia tidak mengetahui bagaimana bisa dokumen buku yang lawas itu beredar kembali di tengah-tengah masyarakat.

Di dalam buku Fikih kelas XII Madrasah Aliyah edisi revisi, judul Bab I tidak lagi kata Khilafah. Judul Bab I diganti menjadi Pemerintahan Dalam Islam. Seluruh kata khilafah di dalam Bab I sudah diubah menjadi pemerintahan. Di dalam subbab kedua soal Pemerintahan tidak disinggung bahwa khilafah adalah kepemimpinan atau negara Islam.

Ada perbedaan antara naskah yang viral dengan edisi terbit yang sudah direvisi. Perbedaan itu terutama pada penggunaan istilah khilafah dan pemerintah. Bab I buku yang viral di media sosial berjudul “Khilafah (Pemerintahan dalam Islam)", dengan materi pembelajaran: Siyasah Syar’iyah, Khilafah (Pengertian Khilafah, Tujuan Khilafah, Dasar-Dasar Khilafah, Hukum Membentuk Khilafah, Hikmah Khilafah), Khalifah (Pengertian Khalifah, Syarat-Syarat Khalifah, Cara Pengangkatan Khalifah, dan Sigah Mubaya’ah).

Sedang Bab I buku yang diterbitkan Kementerian Agama versi revisi berjudul “Pemerintahan dalam Islam", dengan materi pembelajaran: Siyasah Syar’iyah, Pemerintah (Pengertian Pemerintah, Tujuan Pemerintah, Dasar-Dasar Pemerintahan Islam, Hukum Membentuk Pemerintahan, Hikmah Pemerintahan Islam), Kepemimpinan (Pengertian Kepemimpinan, Syarat-syarat pemimpin, Cara Pengangkatan Pemimpin, dan Sigah Mubaya’ah)

Buku Fikih untuk kelas XII Madrasah Aliyah yang sudah direvisi bisa diunduh secara gratis oleh masayarakat. Masyarakat bisa mengunduh langsung di website Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendis Kemenag.

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : radarpekalongan.co.id dan kemenag.go.id