Framing Kompas, 4 Tahun Era Ahok Ulujami-Bintaro Tak Pernah Banjir? Nih Berita Banjir Tiap Bulan-nya


Republikin.com ~ Kompas lagi-lagi menulis berita dengan judul yang misleading. Berita yang ditulis pada Senin (13/11) kemarin berjudul "Maaf-maaf Ya, Waktu Zaman Pak Ahok Enggak Pernah Banjir..."

Kesan yang timbul dari judul tersebut pun sangat menyudutkan Gubernur baru (Anies Baswedan). Padahal judul tersebut merupakan kutipan dari pendapat warga yang diwawancarai. yang notabene belum tentu benar dan belum tentu mewakili pendapat warga lain.

Warga Ulujami Jakarta Selatan Mengaku Zaman Ahok Tak Pernah Banjir

Seperti diberitakan oleh Kompas, Sugiyanto, warga Jalan Padang RT 006 RW 002 Ulujami, Jakarta Selatan, mengatakan baru kali ini (Era Anies) banjir kembali muncul karena air Kali Pesanggrahan yang terletak beberapa puluh meter dari rumahnya meluap.

"Maaf-maaf ya, waktu zaman Pak Ahok enggak pernah banjir, baru kali ini aja setelah gubernur baru," kata Sugiyanto ketika ditemui di rumahnya, Senin (13/11/2017) petang.

Warga Bintaro Klaim Sudah 4 Tahun Tak Banjir

Masih pada berita yang sama di Kompas, warga IKPN Bintaro, Pal. Warga RW 004, Bintaro, Pesanggrahan, itu mengatakan, genangan yang juga muncul di rumahnya pada Minggu malam adalah genangan pertama setelah hampir empat tahun warga terbebas banjir.

"Iya baru semalam saja banjir, sudah empat tahun ini enggak banjir, kan, Ya gara-gara gubernurnya ganti mungkin." kata Pal ketika dihubungi.

2016 Kejadian Banjir di Ulujami-Bintaro Hampir Setiap Bulan

Benarkah sudah 4 tahun ini Ulujami dan Bintaro tidak pernah banjir seperti yang diberitakan Kompas? berikut ini data-datanya (klik tulisan berwarna merah untuk melihat detail beritanya)

November 2016 tribunnews.com: Pohon Tumbang dan Banjir di Kawasan Bintaro Parah

September 2016 poskotanews.com: Pak Ahok Kapan Ulujami Bebas Banjir? * Saat itu Rabu (7/9) wilayah Ulujami tergenang banjir.

Agustus 2016 Detik.com: Kali Pesanggrahan Meluap, Bintaro dan Ulujami Tergenang

Juli 2016 Okezone.com: Puluhan Rumah di Ulujami Terendam Banjir

Juni 2016 huntnews.id: Hujan Deras, Kawasan Bintaro Banjir

Mei 2016 detik.com: Kali Pesanggrahan Meluap, Pasar Cipulir Banjir Semata Kaki (Pasar Cipulir ada di wilayah Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan)

Di atas hanyalah sebagian berita tentang banjir di kawasan Ulujami dan Bintaro pada rentang musim penghujan 2016.

Jika ingin menelusuri lebih lanjut silahkan gunakan Google dengan kata kunci "Bajir Sungai Pesanggrahan"

Mengingat Sungai Pesanggrahan sering meluap banjir, dan pada berita di media tidak disebut spesifik kawasan Ulujami / Bintaro, tapi disebut secara umum, yaitu kawasan terdampak banjir sungai Pesanggrahan, termasuk salah satu kawasan adalah Ulujami dan Bintaro yang terletak di kawasan sungai Pesanggrahan.

Jadi masih percaya dengan klaim "4 Tahun Zaman Ahok Ulujami-Bintaro Tak Pernah Banjir"??

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : link sumber terlampir di artikel (hyperlink)