Bukan Jokowi Yang "Restui" Reklamasi, Guru Besar UI: Anies Segera Perintahkan Bongkar Pulau Reklamasi!


Republikin.com ~ Presiden Joko Widodo telah menyatakan tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi Teluk Jakarta, baik saat menjadi Gubernur DKI Jakarta maupun sebagai Presiden RI.

Kesempatan itu bisa digunakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera memerintahkan para pengembang untuk membongkar pulau reklamasi.

Seruan itu disampaikan guru besar Universitas Indonesia (UI) Nazaruddin Sjamsudin melalui akun Twitter @nazarsjamsuddin. “Anies-Sandi tambah mantap. Maju terus, pantang ragu. Segera perintahkan para pengembang untuk bongkar pulau reklamasi,” tegas @nazarsjamsuddin menanggapi tulisan bertajuk “Jokowi: Saya Sebagai Presiden Tak Pernah Keluarkan Izin Reklamasi”.

Sebelumnya, Presiden Jokowi membantah mengeluarkan peraturan baru soal reklamasi, baik saat menjabat Gubernur DKI Jakarta maupun kini saat menjabat presiden.

Jokowi mengatakan, saat menjabat Gubernur DKI tahun 2012-2014, ia memang pernah mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 146 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Membangun dan Pelayanan Perizinan dan Prasarana Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa Pergub itu bukanlah landasan hukum untuk melanjutkan atau membatalkan proyek reklamasi. "Kalau yang itu, Pergub acuan petunjuk dalam rangka, kalau kamu minta izin, begitu loh. Kalau kamu minta izin, aturannya seperti apa, nah itu di Pergub itu. Bukan kamu saya beri izin reklamasi, bukan itu," ujar Jokowi.
ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : itoday.co.id