Astaga, PLN Akan Hapus Pelanggan 450, 900, 1300 & Diganti ke 4400 VA


Republikin.com ~ Dilansir dari cnnindonesia.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal menghapus sebagian besar kelas golongan pelanggan listrik Rumah Tangga (RT) bagi penerima nonsubsidi. Nantinya, pelanggan nonsubsidi hanya akan terbagi pada dua kelas golongan, yakni 4.400 VA dan 13.200 VA.

Jonan menjelaskan, PLN membagi golongan pelanggan listrik RT dalam tiga kelas, yakni golongan Rumah Tangga (R-1) 900 VA-RTM, 1.300 VA, dan 2.200 VA. Nantinya, tiga kelas ini akan dihapus karena rentang satu sama lain terbilang dekat.

"PLN sendiri sepakat mengubah kelas golongan langganan rumah tangga dari 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA akan dihapus kecuali yang menerima subsidi, yang lain mungkin sekalian 4.400 VA, 13.200 VA," papar Jonan, Selasa (7/11) seperti diberitakan CNN Indonesia.

Belajar dari pengalaman sebelumnya dimana keputusan Pemerintah mencabut subsidi listrik pelanggan 900VA menuai gejolak di masyarakat. Apalagi jika PLN mewacanakan pengalihan pelanggan Rumah Tangga non-subsidi ke 4.400 VA.

Bahkan sempat Viral beberapa bulan yang lalu video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo disemprot oleh rakyat yang keberatan dengan tarif dasar listrik 900 watt.

"Pak, pak.. turunkan tarif dasar listrik yang 900 watt pak, gak mampu masyarakat pak. Bukan semua orang itu pak," tanya pria tersebut dengan suara lantang.

Tampak dari video tersebut saking ramainya warga yang mengerumun, Jokowi menampilkan ekspresi 'melongo' seolah tidak mendengar pertanyaan yang dilontarkan dengan suara setengah berteriak itu, lalu Jokowi beranjak pergi.

Bagaimana jika nanti  wacana pengalihan pelanggan PLN ke 4.400 Va benar-benar terjadi? semoga rakyat bisa menerima dengan lapang dada.

Berikut video Jokowi disemprot rakyat soal listrik



ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : cnnindonesia.com dan republikin.com