Video Viral: Rupiah Model Baru Ditolak, Yang Model Lama Malah Diterima


Republikin.com ~ Saat ini (16/10/2017) sedang viral di media sosial sebuah video yang menayangkan bagaimana mesin Currency Exchange di luar negeri menolak Mata Uang Rupiah baru, namun tetap menerima mata uang rupiah model lama.

Video yang tersebar di media sosial tersebut, menampilkan seorang wanita di depan mesin Currency Exchange sambil mempraktekkan bagaimana mesin tersebut saat dimasukkan uang rupiah model baru.

"Ini Edisi baru ya. Seratus ribu, edisi baru, saya masukin nih." ujar wanita yang belum diketahui namanya tersebut.

Saat uang tersebut dimasukkan, rupanya mesin tersebut memuntahkan kembali mata uang rupiah pecahan seratus ribu model baru tersebut.

"Nah, ditolak ya, kita coba lagi" ujar wanita dalam video tersebut sembari berusaha memasukkan uang tersebut kembali ke mesin.

"Nah ditolak lagi, Ini rupiah baru, dicoba di luar negeri, ini belum dikenal (oleh mesin)." sambil menunjukkan uang yang dimuntahkan sebanyak dua kali oleh mesin tersebut.

Tak berselang lama wanita tersebut mencoba memasukkan uang seratus ribu, kali ini yang model lama.

"coba yang edisi lama ya (seratus ribu Rupiah model lama)"

Dan rupanya mesin tersebut mau menerima rupiah model lama. Anehnya rupiah model baru malah tidak diterima.

Video Yang Menyanggah Jawaban BI?

Isu rupiah model baru yang tidak diterima di luar negeri memang pernah mencuat sebelumnya dan sudah ditanggapi oleh BI.

Bank Indonesia menyatakan informasi di media sosial ihwal uang rupiah baru yang ditolak di luar negeri adalah keliru. Informasi tersebut sebaiknya tidak disebarkan karena menyesatkan, seperti dilansir tempo.co (20/7/2017)

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara meluruskan informasi terkait dengan sulitnya menukar uang rupiah tahun emisi 2016 di luar negeri, Mirza mengatakan hal itu lebih karena ketersediaan pasokan di tempat penukaran uang (money changer) di luar negeri tersebut.

Jika ada kejadian warga negara Indonesia di luar negeri sulit menukar rupiah di money changer luar negeri, itu karena mereka memang tak membutuhkan rupiah. "Sama saja dengan misalkan uang Argentina, uang Peru, uang Kanada, bisa tidak dituker ke money changer di Jakarta? Ya tidak bisa. Kenapa? Soalnya money changer tidak membutuhkan itu," katanya.

"Masyarakat agar bertanya ke yang ahli, jangan mudah salin dan tempel informasi dan menyebarkan isu yang kadar kebenarannya itu tidak sama sekali benar," ucap Mirza.
Namun jawaban pihak BI tersebut tidak lagi relevan dengan beredarnya video terbaru ini, karena terbukti uang pecahan baru saja yang ditolak, sedangkan uang pecahan lama tetap diterima.

Berikut video Pecahan Rupiah baru ditolak, Rupiah lama diterima:

Baca Rangkuman Berita Hari ini di sini :

Like Facebook Berita Muslim Cyber Army :

Join Channel Telegram Republikin :

Follow Twitter Berita Muslim Cyber Army :


ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com