Tribun Plintir Anies Tak Nyebur ke Banjir, Netizen Kasih Tamparan Keras


Republikin.com ~ Entah apa yang diingkan barisan media, bukannya mendukung Gubernur yang baru beberapa hari menjabat, banyak media yang memburu dan mencari-cari kesalahan Anies-Sandi hingga melupakan kode etik jurnalistik.

Salah satunya adalah Wartakota (Tribun Group) menulis berita dengan judul Saat Kampanye, "Anies Nyebur ke Banjir, Sekarang Hanya Lewat CCTV" tanpa melakukan klarifikasi kepada pihak Anies Baswedan. Hal ini tentu bertentangan dengan kode etik yang mereka pegang.

"Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memantau lokasi-lokasi banjir di Jakarta akibat hujan lebat di kantor jakarta smart city di gedung G lantai 3 Balaikota DKI Jakarta, Kamis (19/10/2017). Hal tersebut berbeda jauh dengan aksinya saat kampanye Pilkada Gubernur DKI. Kala itu, Anies terjun langsung ke area banjir di Cipinang, Jakarta Timur." Tulis Tribun di paragraf pembukanya.

Berita tersebut ditulis Grup Tribun pada Kamis (19/10/2017) Pukul 19:24 WIB. Namun hanya berselang hitungan jam muncul berita di Okezone.com dengan judul, "Malam-Malam, Anies Baswedan Jalan Kaki Cek Penanganan Banjir di Cipete Utara".

Kesalahan memuat berita pada Tribun Group tersebut tidak akan terjadi jika Tribunnews.com melakukan konfirmasi terlebih dahulu pada pihak Anies sebelum membuat beritanya.

Padahal, dahulu saat kampanye Anies memang tidak memantau CCTV dan langsung nyebur ke banjir, karena belum mempunyai akses ke CCTV. Sekarang setelah punya akses CCTV beliau memantau terlebih dahulu di CCTV kemudian nyebur. Itupun jika diperlukan. Apakah setiap ada banjir Anies harus nyebur? Tentu sifatnya kondisional.

Seperti diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Gang Koba, RT 02 RW 06, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, malam tadi untuk melihat langsung penanganan banjir yang melanda wilayah itu. Anies juga bertakziah atau melayat ke rumah almarhum Ridwan (30), korban meninggal dalam banjir sore tadi. Anies juga menyepatkan diri untuk berdiskusi dengan warga. Kamis (19/10/2017) malam.

Menanggapi berita pelintiran Tribun dengan judul "Anies Nyebur ke Banjir, Sekarang Hanya Lewat CCTV" Netizen ramai-ramai memberikan komentar, seperti yang berhasil dirangkum republikin.com di bawah ini:



ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com, tribunnews.com, okezone.com