Penembak 4 Brimob Bukan Teroris, Netizen: Giliran Santoso yg Islam Dilabeli Teroris Poso, Yang Adil Dong


Republikin.com ~ Empat anggota Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Papua kembali ditembaki saat keempat polisi itu sedang mengevakuasi jenazah Briptu Berry Pramana Putra dari Jembatan Utikini Tembagapura, yang tewas ditembak Senin (23/10/2017)

Bukannya melabeli dengan teroris, Polisi justru melabeli pelaku penembakan dengan sebutan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata).

Berdasarkan keterangan BNPT, label teroris memang tidak boleh digunakan pada tindakan kekerasan yang terkait kepentingan politik.

“Jadi perbuatan-perbuatan yang terkait dengan politik tidak kita masukkan kepada tindak terorisme tapi kepada perbuatan makar yang ingin melepaskan diri dari NKRI. Tapi sampai saat ini, untuk kasus Papua tidak kita kaitkan dengan tindak pidana terorisme, kenapa? Karena menyangkut pada kegiatan politik yang ingin memisahkan diri pada NKRI,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Saud Ustman Nasution di Jakarta pada Senin (22/02).

Anehnya aksi Santoso yang beragama Islam dan sama-sama ingin lepas dari NKRI seperti OPM, malah dilabeli "Teroris" Poso sedangkan OPM tidak dilabeli teroris.

KOMNAS HAM SEBUT KKB ADALAH TERORIS

Berbeda dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme), komnas HAM memasukkan kekerasan KKB tersebut dalam kategori terorisme, seperti yang pernah diberitakan oleh detik.com saat penyerangan KKB tahun lalu.

"Tindakan penembakan yang dilakukan KKB itu pelanggaran HAM dan merupakan teror terhadap rakyat yang menimbulkan rasa tak aman kepada warga setempat," kata Komisioner Komnas HAM RI, Sianee Indriani menanggapi penyerangan KKB di Papua tahun lalu.

Bahkan okezone.com jelas menulis di beritanya bahwa aksi KKB tersebut sebagai aksi teror, namun okezone.com tidak mau mencantumkan kata Teroris pada judul beritanya.

"Pasca teror penembakan di kawasan Freeport, hingga kini aksi penembakan terus terjadi." Tulis Okezone di beritanya dengan judul Papua Mencekam! 4 Anggota Brimob Ditembak saat Evakuasi Jenazah Rekannya.

KOMENTAR NETIZEN

Pemilihan label KKB ini memantik reaksi netizen muslim yang merasa bahwa seharusnya polisi dan media bersikap adil terhadap pelabelan teroris.

Berikut beberapa komentar Netizen seperti yang berhasil dirangkum oleh republikin.com dari akun instagram @divisihumaspolri yang juga ikut memberitakan aksi penembakan tersebut.

muhdi_ae: Itulah yg namanya makar dan teroris yg sebenarnya....... Bukan ulama di tuduh makar

alfhadly_geo: Itu bukan teroris yah pak.polisi?

azhari_arifin11: Pak kenapa disebut KKB? Kenapa bukan teroris? Adil donk Pak..

langit_love: Ohh klo yg non muslim kriminal klo yg muslim teroris.... parahhh miris ni berita

fatih_za: Kamvret, sudah jelas bersenjata malah dibilang kriminal...teroris keles

fatih_za: Teroris kristen tuh

andaruteguh: Kalo bukan islm KKB ya pak,kalo santoso yg islam,teroris poso ya pk,makin hari mkin hebat aja @divisihumaspolri

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com