MetroTV Bikin Foto Fahri Hamzah Terbalik, Netizen: Media Cebong, Rezim Jungkir Balik

Berita kontroversi MetroTV 26 Oktober (kiri) dan 24 Oktober (kanan)

Republikin.com ~ Usai sebelumnya menerbitkan berita framing Anies dan pedagang Tanah Abang menggunakan foto bulan Mei, kini MetroTV kembali menuai polemik dengan menjungkir balik foto Fahri Hamzah.

Baca: Anies Sentil MetroTV Soal Foto PKL Tanah Abang: Kok Sama dengan Foto Bulan Mei?

Hal ini diketahui salah satu netizen lewat unggahan MetroTV di Twitter, yang menggunakan foto Fahri Hamzah terbalik (unggahan MetroTV di akhir artikel).

Inilah pertama kali dalam sejarah MetroTV menerbitkan berita dengan foto terbalik.

Sengaja atau Tidak Sengaja?

Padahal proses penerbitan berita sudah pasti melalui saringan beberapa divisi untuk memastikan berita tersebut layak tayang.

Mulai dari redaktur yang memeriksa topik dan konten berita apakah layang ditayangkan, dan dimuat di halaman mana, seberapa panjang beritanya, dll. Kemudian disaring kembali oleh editor yang akan memeriksa dari segi gaya bahasa. 

Kemudian, berita pun dimuat lengkap dengan foto, kecuali jika berita belum memiliki foto, maka akan dicarikan foto-foto terkait yang tersimpan di database mereka.

Dan ini kemungkinan yang dilakukan MetroTV, menggunakan foto lama yang tersimpan di database. Dan tidak mungkin foto di database mereka bisa terbalik sendiri tanpa melibatkan proses editing.

Pun jika foto tersebut terbalik sendiri (dengan ajaib), bagian penerbit harusnya menyadari saat melakukan proses penerbitan berita bahwa ada yang salah dengan fotonya.

Kecuali jika proses penerbitan berita dilakukan dengan mata terpejam.

Komentar Netizen

Mengetahui kejanggalan ini, netizenpun ramai berkomentar, sebagaimana yang dirangkum oleh republikin.com dari akun @Metro_TV

UPDATE: status di akun @metro_tv sudah dihapus tapi jejaknya masih terlihat dari komentar netizen


ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com