Menakjubkan! Anda Bisa Saksikan Penampakan Komet Bulan Ini, Catat Tanggalnya

ilustrasi

Republikin.com ~ Dilansir dari okezone.com, Komet dengan nama C/2017 O1 ASAS-SN pertama kali ditemukan pada Juli oleh sistem All Sky Automated Survey for Supernovae (ASAS-SN) yang berbasis di Chile. Komet itu bergerak dari konstelasi bintang yang satu ke konstelasi bintang yang lainnya.

Dilansir Iflscience, Selasa (10/10/2017), pada 14 Oktober, komet itu kabarnya mencapai perihelion, yakni titik terdekat orbit eksentriknya ke Matahari dengan jarak sekira 224 juta kilometer.

Ini berarti bahwa komet itu diharapkan berada di dalam orbit Mars, cukup dekat bagi siapapun yang memiliki teropong untuk melihatnya. Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena alam ini ialah pada 18 Oktober.

Pada titik inilah, karena jalur orbitnya, komet akan paling dekat dengan Bumi meski sudah mulai bergerak menjauh dari Matahari.

Selain fenomena komet, ada objek luar angkasa lainnya yang dilaporkan akan mendekati Bumi tepat pada 12 Oktober. Peneliti yang berada di Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) di NASA Jet Propulsion Laboratory mengamati asteroid 2012 TC4.

Peneliti memperkirakan bahwa asteroid ini akan melewati dekat Bumi pada 11-12 Oktober 2017. Pada musim panas lalu, para ahli mengatakan bahwa mereka mengetahui batu itu tidak akan menabrak Bumi. Diprediksi objek tersebut akan melintas dengan terdekat sekira 6.800 kilometer.

Pada akhir Juli, astronom kembali mengamati batu luar angkasa itu dengan memanfaatkan teleskop. Observasi terbaru mengungkap bahwa orbit 2012 TC4 ternyata akan melewati Bumi dalam jarak lebih jauh, yakni 50 ribu kilometer di atas permukaan Bumi.

Tepatnya, 2012 TC4 akan mendekat ke Bumi sekira 05:42 UTC pada 12 Oktober. Asteroid itu akan berada cukup dekat dan gravitasi Bumi akan mengubah lintasan asteroid tersebut.

Baca Berita Unik dan Viral Lainnya di sini :

Like Facebook Berita Viral dan Unik :

Join Channel Telegram Berita Unik dan Viral :

Follow Twitter Berita Unik Tanpa Politik :

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : okezone.com