[HOAX] Meluruskan Isu Jokowi Bohong Sebut Tak Pernah Keluarkan Pergub Reklamasi

Berita ini ditulis untuk menyelamatkan umat dari blunder Hoax yang bisa dimanfaatkan pihak lain untuk merugikan umat.

Republikin.com ~ Presiden Joko “Jokowi” Widodo menggunakan kesempatan bertemu dengan sejumlah pemimpin media massa di Ibukota untuk menyampaikan pendapatnya soal reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Berita tersebut diterbitkan oleh laman Media Indonesia, yang bagi sebagian pembaca menimbulkan kesalahpahaman, seolah-olah Jokowi mengatakan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta tidak pernah menerbitkan pergub terkait reklamasi.

Berikut republikin.com meluruskan kesalahpahaman pembaca dalam menelaah pemberitaan Media Indonesia tersebut.

1. Semua Jurnalis Tahu Jokowi Pernah Mengeluarkan Pergub Terkait Reklamasi

Sudah bukan rahasia bahwa Jokowi pernah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 146 tahun 2014 sekitar sebulan sebelum hijrah ke Istana.

Semua jurnalis pasti mengetahui Jokowi pernah mengeluarkan Pergub tersebut (terkait Reklmasi), contoh seperti pemberitaan oleh republika.co.id dengan judul "Membongkar Dasar Hukum Reklamasi Teluk Jakarta"

Di artikel tersebut jurnalis republika mengetahui Pergub nomor 146 tahun 2014 yang berisi pedoman teknis reklamasi tersebut dikeluarkan oleh Jokowi.

Termasuk jurnalis Media Indonesia pasti mengetahui hal ini.Karena hal ini di kalangan Jurnalis bukan rahasia lagi.

2. Tidak Ada Pernyataan Jokowi Bahwa Dia Tidak Pernah Mengeluarkan Pergub Terkait Reklamasi

Pemberitaan di Media Indonesia sepertinya disalahpahami oleh pembaca. Perlu dibedakan mana kutipan dari mulut Jokowi dan mana yang merupakan Narasi dari mulut Wartawan (pendapat/kesimpulan/sudut pandang dari wartawan/jurnalis).

Presiden Jokowi mengatakan ketika menjadi gubernur ia tidak mengeluarkan pergub terkait reklamasi. Pun ketika menjadi presiden, ia tidak menerbitkan perpres.

“Saya bisa saja mengeluarkan perpres. Tapi, di mana marwah hukum dan kepastian beinvestasi jika perpres terdahulu dibatalkan presiden berikutnya?” ucap Presiden.


(Cuplikan berita di Media Indonesia dengan Tulisan berwarna merah)

Ucapan yang keluar dari mulut Presiden Jokowi ditandai dengan tanda Quotation ("...") sedangkan yang tidak berada dalam tanda Quotation artinya bukan ucapan Jokowi melainkan Narasi dari mulut jurnalis.

Dari sini terlihat klaim Jokowi tidak pernah mengeluarkan Pergub terkait Reklamasi, bukanlah ucapan dari mulut Jokowi, melainkan hanya tambahan narasi dari sudut pandang jurnalis.

Ucapan Lengkap Jokowi Tak Satupun Menyebut "Tak Pernah Keluarkan Pergub Reklamasi"

Ucapan lengkap Jokowi yang berhasil kami rangkum dari berita di Media Indonesia dengan menghilangkan Narasi Jurnalis/Wartawan, adalah sebagai berikut (berwarna merah)

“Ini soal kepastian hukum, soal kepastian investasi. Di mana marwah hukum kita, Bagaimana dengan pengusaha yang sudah berinvestasi berdasarkan perpres tersebut? Saya bisa saja mengeluarkan perpres, tapi di mana marwah hukum dan kepastian berinvestasi jika perpres terdahulu dibatalkan presiden berikutnya? Bagi kita yang penting pengawasan di lapangan. Nelayan harus diperhatikan. Lingkungan harus dijaga. Malah di Belanda dan Korea, reklamasi memperbaiki lingkungan."

Dapatkan Anda temukan ucapan yang keluar dari mulut Presiden Jokowi di atas terkait klaim Tak Pernah keluarkan Pergub Reklamasi?

Dan jika pembaca mencari di Google dalam rentang waktu tahun 2014 s/d tahun 2017 tak akan ditemukan satupun statement / pemberitaan dari media Nasional yang menyebut "Jokowi tak pernah keluarkan pergub terkait reklamasi". Satupun tidak ada.

sumber: Media Indonesia

3. Apa Yang Dimaksud Wartawan Saat Menulis Jokowi Tak Pernah Keluarkan Pergub Reklmasi?

Yang paling tahu maksud tersebut adalah wartawan itu sendiri dan Allah SWT saja. Namun sebagai pembaca kita berhak menarik kesimpulan.

Jika dibaca secara utuh, konteks wartawan tersebut ingin menunjukkan bahwa Jokowi tidak pernah mengeluarkan Pergub dan Perpres yang menghalangi atau membatalkan Izin Reklamasi.(Baca kembali point 1 dan 2)

hal ini senada dengan jawaban Jokowi pada pemberitaan di viva.co.id (klik untuk membaca lebih lanjut)

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : republikin.com, mediaindonesia.com, republika.co.id