HOAX Laba Sari Roti Anjlok 52% Karena Boikot Umat Islam

ilustrasi

Republikin.com ~ Kinerja PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti) sepanjang 9 bulan tahun ini memang menurun. Laba dari produsen roti bermerek Sari Roti tersebut anjlok 52,2%.

Berita ini tentu menggembirakan bagi sebagian umat Islam, mengingat beberapa waktu lalu sempat melakukan boikot terhadap Sariroti.

Namun umat perlu waspada dan tidak melakukan blunder terkait informasi penurunan laba Sari Roti ini. Hal itu dikarenakan penyebab turunnya laba Sari Roti bukan karena boikot, melainkan karena beban usaha yang meningkat.

Penjualan Stabil Tapi Beban Usaha Naik = Laba Bersih Berkurang

Sari Roti menngantongi laba bersih hingga kuartal III-2017 sebesar Rp 97,35 miliar. Angka tersebut memang turun jauh dibandingkan dengan laba pada periode yang sama sebesar Rp 203,69 miliar.

Namun yang sebenarnya terjadi adalah meningkatnya biaya/"beban usaha" Sari Roti sehingga mengurangi Laba Bersih perusahaan tersebut.

Seperti dilansir detik.com, Senin (30/10/2017), Perolehan penjualan bersih perseroan sebenarnya hanya turun tipis dari Rp 1,83 triliun menjadi Rp 1,8 triliun. Beban pokok penjualan juga turun tipis dari Rp 886,9 miliar menjadi Rp 881,3 miliar.

Namun beban usaha meroket tinggi dari Rp 670,7 miliar menjadi Rp 806,78 miliar. Peningkatan beban usaha tersebut, tentu berpengaruh pada Laba. Terpantau laba usaha pun ikut terkerek turun drastis dari Rp 323,8 miliar menjadi Rp 178,59 miliar.

Jadi Penjualan Sari Roti sebenarnya stabil. Tapi di sisi lain Beban Usaha yang seharusnya juga stabil justru membengkak, sehingga menyebabkan porsi Laba Bersih Sari Roti turun

Kondisi lain yaitu total liabilitas terpantau juga meningkat dari Rp 1,47 triliun di akhir 2016 menjadi Rp 1,5 triliun. Adapun total aset meningkat tipis dari posisi akhir tahun sebesar Rp 2,91 triliun menjadi Rp 2,97 triliun di akhir September 2017.

Fakta ini memang agak mengecewakan, namun bagaimanapun umat perlu diluruskan pemahanannya agar tidak dipermainkan pihak-pihak yang mengusung ISU turunnya laba Sari Roti ini sehingga menyebabkan blunder bagi umat Islam sendiri. (Redaksi Republikin.com)

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : detik.com, republikin.com