Heboh "Pribumi" di Pidato Anies, Saat CNN Sebut Pribumi, Kenapa Sepi dan Diam?


Republikin.com ~ Pidato politik perdana Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta langsung menuai reaksi. Netizen ramai-ramai mempertanyakan istilah pribumi yang dikemukakan.

Dalam acara Selamatan Jakarta yang digelar di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017), Anies berorasi dan berbicara soal perjuangan pribumi melawan kolonialisme.

"Jakarta ini satu dari sedikit kota di Indonesia yang merasakan polarisme dari dekat. Di Jakarta, bagi orang Jakarta, yang namanya kolonialisme itu di depan mata," ujar Anies

Menurutnya, semua warga pribumi harus mendapat kesejahteraan. "Kita semua pribumi ditindas, dikalahkan, kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri Indonesia," ucapnya.

Sontak, para netizen langsung bereaksi mendengar orasi tersebut. Tak terkecuali Politikus PSI, Tsamara Amany. Melalui Akun Facebooknya Tsmara kelonjotan mendengar kata pribumi disebut di pidato Anies.

Padahal maksud pribumi tersebut adalah warga Jakarta, yang tentu sudah termasuk didalamnya keturunan Cina, Arab, dll karena Jakarta adalah multi etnis sejak era Belanda.

Hal itu senada dengan judul berita yang ditulis oleh cnnindonesia.com, saat memberitakan tentang Proyek Pembangkit Listrik Jokowi.

CNN menulis dengan judul "Jokowi Minta ESDM Prioritaskan Pribumi di Proyek 35 Ribu MW".

Penggunaan kata pribumi di judul berita CNN tersebut ditujukan kepada pengusaha lokal atau nasional.

Seperti yang ditulis CNN di paragrap pertamanya, "Presiden Joko Widodo meminta Kementerian ESDM dan BUMN memberi kesempatan sebanyak mungkin kepada pengusaha lokal atau nasional untuk menggarap proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW). "

Harusnya ini menjadi pertanyaan bagi Tsamara dan pihak-pihak yang meributkan pidato Anies adalah, Etnis apa yang dimaksud pengusaha lokal / nasional oleh CNN tersebut? Bukankah multi etnis, termasuk Arab, Cina, dll? selama mereka termasuk penduduk lokal/indonesia, maka bisa disebut Pribumi.

Kenapa CNN menggunakan kata pribumi? Karena dalam konteks membuat pembeda antara lokal/nasional (pribumi) dengan asing (non-pribumi).

Baca Rangkuman Berita Hari ini di sini :

Like Facebook Berita Muslim Cyber Army :

Join Channel Telegram Republikin :

Follow Twitter Berita Muslim Cyber Army :

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita : redaksi republikin.com dan cnnindonesia.com