Bukan Cuma Gatot, Prabowo Juga Diblokir AS karena Tuduhan Serampangan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (tengah), berjabat tangan dengan Komandan Angkatan Darat. Mayor John W. Troxell, penasihat senior untuk ketua Kepala Staf Gabungan, dalam sebuah upacara di Conmy Hall di Pangkalan Bersama Myer-Henderson Hall, Va, 18 Februari 2016. Staf Angkatan Darat Sgt. Sean K. Harp

Republikin.com ~ Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bukan satu-satunya pejabat TNI yang ditolak berkunjung ke Amerika Serikat. Sebelum Gatot, ada sejumlah petinggi TNI yang juga pernah ditolak bertandang ke AS.

Ada lima orang Petinggi TNI yang pernah dilarang masuk AS. Salah satunya Prabowo Subianto.

Seperti dilansir tempo.co, kantor berita Reuters, Rabu, 21 Mei 2014, menulis, Prabowo merupakan salah satu pria yang paling dicela di Indonesia. Bekas Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu dituduh menculik, melanggar hak asasi manusia, dan mencoba melakukan kudeta setelah jatuhnya bekas mertuanya, Soeharto, sebagai presiden pada 1998.

New York Times melaporkan, pada Maret 2014, Kementerian Luar Negeri AS menolak memberikan visa kepada bekas jenderal bintang tiga itu saat ingin menghadiri wisuda putranya di sebuah universitas di Boston.

Tuduhan Serampangan

Prabowo, dalam sebuah pertemuan dengan Reuters pada 2012, mengatakan masih tidak dikehendaki AS untuk memasuki negeri itu karena dianggap terlibat dalam berbagai kerusuhan yang menewaskan ratusan orang setelah Soeharto jatuh. Namun tuduhan itu dibantah dengan tegas oleh Prabowo.

Tuduhan tersebut juga dibantah Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen (Purn) Kivlan Zen.

"Katanya, dia (Prabowo) mau kudeta saat kerusuhan, padahal tidak ada," ujar Kivlan di Jakarta, Selasa (6/5/2014) seperti diberitakan oleh Tempo.co.

Dia mengatakan, pada saat peristiwa kerusuhan berlangsung, Prabowo diminta hadir oleh sejumlah tokoh masyarakat yang berkumpul di Hotel Sahid, Jakarta. Di sana terdapat sejumlah tokoh politik hingga budayawan yang menawarkan agar Prabowo mengambil alih pemerintahan.

"Tapi, dia (Prabowo) tidak mau. Saya ada di samping dia 24 jam. Prabowo juga dituduh sebagai dalang dari Trisakti. Itu yang melakukan polisi Sabhara yang menembak, bukan tentara. Ini sudah character assasination bagi Prabowo," ujar Kivlan.

Lima Petinggi TNI yang Pernah Diblokir AS

Selain Prabowo dan Gatot, masih ada tiga nama petinggi TNI lainnya yang pernah diblokir AS yaitu:

Wiranto

Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik, dan Keamanan RI itu dilarang masuk ke Amerika Serikat pada 15 Januari 2004. Kala itu, ia masih menjabat sebagai Jenderal TNI (Purn) dan calon presiden 2004. Wiranto dituduh terlibat kejahatan perang oleh pengadilan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Ia didakwa terlibat tindak kekerasan di Timor-Timur pada 1999.

Zacky Anwar Makarim

Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) itu juga pernah dicekal masuk Amerika Serikat pada Februari 2014. Kongres Amerika Serikat menilai pimpinan TNI belum diadili menurut kaidah peradilan internasional terkait peristiwa Santa Cruz di Timor Leste pada 12 November 1991.

Sjafrie Sjamsoeddin

Mantan Menteri Pertahanan ini dicekal saat ia masih menjabat sebagai Letjen TNI (Purnawirawan). Ia dilarang masuk saat sedang mendampingi Presiden SBY menghadiri pertemuan kelompok G20 di Pittsburgh, Amerika Serikat pada Oktober 2009. Ia dicekal karena diduga terlibat dalam peristiwa Santa Cruz di Timor Leste pada 12 November 1991.

ADA BERITA UNIK DAN MENARIK SCROLL KE BAWAH www.REPUBLIKIN.com
Sumber Berita :